Wednesday 23 April 2014


Khasiat dan Manfaat Buah-Buahan untuk Kesehatan Tubuh


 

Khasiat dan Manfaat Buah-Buahan untuk Kesehatan Tubuh – Buah-buahan adalah hadiah dari alam yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Banyak cara yang digunakan manusia untuk memanfaatkan buah-buahan demi mewujudkan hidup yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsinya. Ada berbagai cara mengonsumsi buah-buahan, diantaranya dengan mencampurkannya dalam makanan, minuman ataupun menjadikannya sebagai cemilan. Serat yang terkandung dalam buah-buahan dapat memperlancar pembuangan zat-zat sisa dalam tubuh, sehingga tubuh terasa lebih sehat dan bugar. Beberarapa jenis buah-buahan yang umum kita konsumsi dan banyak ditemui dipasaran juga memiliki banyak sekali manfaat yang seringkali tidak kita sadari sebelumnya. Membiasakan diri mengonsumsi buah-buahan sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Buah-Buahan untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa buah-buahan yang seringkali dikonsumsi setiap hari oleh Anda, ternyata mempunyai manfaat untuk menyembuhkan penyakit. Anda perlu tahu apa saja manfaat buah-buahan yang umum dikonsumsi dan kandungannya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini kita ulas tentang manfaat buah-buahan serta kandungannya:
KHASIAT DAN MANFAAT KELAPA
Air kelapa sudah dipercaya dapat mengekskresikan racun yang ada didalam darah, karena terdapat sukrosa, fruktosa dan glukosa yang cukup tinggi. Karenanya, banyak orang yang pernah mengalami keracunan makanan atau senyawa kimia memanfaatkan air kelapa sebagai “penawar”. Air kelapa selain dapat membuang racun, juga dapat mengurangi demam dan kehausan, dan dapat menyembuhkan diabetes. Sedangkan pada daging buah kelapa yang berwarna putih dan lembut, terkandung protein, lemak, vitamin dan minyak kelapa.
KHASIAT DAN MANFAAT ALPUKAT
Pada saat berpuasa, Anda bisa mengkonsumsi alpukat sebagai makanan tambahan saat sahur. Karena buah alpukat dapat menambah kalori dalam tubuh, selain itu alpukat mengandung lemak dan minyak yang cukup banyak, sehingga dapat menjadi sumber energi yang melimpah bagi tubuh. Selain itu buah alpukat mampu mengurangi kandungan kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot pada persendian.
KHASIAT DAN MANFAAT APEL
Buah yang berdaging renyah dan mempunyai kadar air tinggi ini ternyata memiliki kandungan garam mineral dan pektin. Garam mineral dan pektin pada apel dipercaya dapat membantu melepas kotoran yang ada pada usus besar, serta menurunkan kadar kolesterol dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung. Jika Anda yang memiliki gangguan jantung, sebaiknya mengonsumsi buah apel secara rutin.
KHASIAT DAN MANFAAT PISANG
Buah yang berdaging lembut dan mengandung karbohidrat ini dipercaya dapat melapisi permukaan dinding-dinding lambung dan usus sehingga bermanfaat sebagai anti radang. Pisang memang sangat efektif bagi anda yang mengalami masalah peradangan lambung dan usus.
KHASIAT DAN MANFAAT JERUK
Buah dengan daging buah berwarna kuning dan mempunyai rasa sedikit masam ini ternyata banyak mengandung vitamin C yang dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru serta perut.
KHASIAT DAN MANFAAT KURMA
Kurma ialah buah khas gurun pasir yang mempunyai daging buah yang legit dan padat. Rasa manis dari buah kurma dapat mengatasi rasa lapar sebelum jam makan tiba. Tidak heran jika Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk berbuka puasa dengan buah kurma sebanyak tiga butir, dikarenakan kandungan gulanya yang sangat tinggi menjadikan kurma dapat menghasilkan energi yang tinggi. Memakan buah kurma juga tidak memberatkan pencernaan saat menyantapnya setelah berpuasa sehari penuh. Selain itu kandungan gula pada kurma juga membantu menyembuhkan luka dan membantu penggumpalan darah untuk menghentikan darah yang mengalir pada luka terbuka.
KHASIAT DAN MANFAAT SEMANGKA
Buah semangka seringkali dinikmati dalam bentuk rujak. Rasanya yang sangat segar, cocok bila dipadukan dengan sambal gula merah. Selain rasanya yang nikmat dan segar, ternyata buah semangka sangat bermanfaat bagi anda yang sering mengonsumsi makanan berlemak, makanan yang manis, makanan yang digoreng, serta minuman berkafein dan soda yang dapat meningkatkan kandungan asam dalam tubuh dan mengakibatkan bintik merah pada kulit. Mengkonsusmi jus semangka dapat mengurangi kadar asam tersebut dan memperbaiki kualitas darah.

Khasiat dan Manfaat Buah-Buahan untuk Kesehatan Tubuh

Nah, bagi Anda yang tidak suka makan buah, semoga dapat mulai membiasakan diri untuk mengonsumsinya, mengingat begitu banyak manfaat yang terkandung pada buah-buahan. Sekian ulasan mengenai Manfaat Buah-Buahan semoga menginspirasi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat.

0 comments:

Post a Comment